Kok Punya Blog?

pic ay jasAssalamualaikum WW.

Suatu kali saya baca di sebuah koran nasional bahwa umpama siklus hari, blog dianggap sudah senja karena sudah ketinggalan zaman dan ada media komunikasi lain yang dianggap efektif. Tentu cukup mengherankan pula kenapa saya yang usianya juga sudah masuk kategori senja baru mulai mengaktifkan sebuah blog.

Bagi saya yang relatif gaptek soal Sistem Informasi, blog adalah suatu media yang masih relatif baru. Dibandingkan dengan anak-anak saya yang sudah kuliah, tentu saya lebih dangkal dalam hal ini. Jika blog anak saya Aulia.H.F di WordPress sejak dulu sudah dikunjungi beribu-ribu kali, blog saya ini sangatlah muda dan belum optimal. Terhitung tanggal 2 Oktober 2017 baru pindah domain dan hosting: jadi www.riau2020.com saja. Mudah-mudahan lebih keren, kan?

Terus kenapa namanya Riau 2020? Sebagai orang Melayu dari Riau saya sangat peduli (concerned) dengan kemajuan negeri dan masyarakat di Provinsi Riau. Bertepatan provinsi ini mempunyai Visi Riau 2020 yang berbunyi: Terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan Melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejahtera lahir dan bathin di Asia Tenggara tahun 2020. Berangkat dari visi inilah dan keinginan untuk berkontribusi dalam upaya memajukan Riau maka blog ini saya beri nama Riau 2020.

Sebagai bog dari seorang anak jati Melayu, yang diusungnya adalah Visions, Ideas, and Thoughts of A New Melayu To Share.  Ada pesan singkat yang diusung melalui tagline dan mottonya.  Untuk memunculkan suatu komunitas Melayu baru yang maju maka taglinenya: Emerging A New Melayu.  Sedangkan motto yang kami perkenalkan untuk mendorong kemajuan orang Melayu: Think revolutionary, Talk politely, Act progressively. 

Penggunanan Bahasa Inggeris pada bagian-bagian tertentu hanyalah untuk memudahkan orang asing bilamana membuka pintu komunikasi melalui blog ini. Kami yakin, anda pun mudah memahami maksudnya.

Berangkat dari kondisi saya yang sangat awam terhadap blog dan dengan segala keterbatasan serta kendala yang ada, saya bertekad akan tetap meneruskan keberadaan blog ini. Kegunaan blog dalam hal menyalurkan minat menulis akan saya manfaatkan. Sejak sangat sibuk dengan pekerjaan, saya sudah jarang menulis di media masa (koran) lokal. Dengan blog ini saya harapkan tulisan-tulisan singkat tentang berbagai hal dapat saya “cicil” dan koreksi ulang jika ada yang perlu disempurnakan.

Tulisan-tulisan saya pada blog ini Insya Allah akan berkisar pada berbagai hal yang jadi perhatian saya, sejak dari lingkup profesi sampai dengan hal-hal yang bersifat manajerial. Bisa juga tentang aspek humanisme, pembangunan, ekonomi, politik, luar negeri, ataupun keagamaan. Pokoknya mana yang lagi terasa dan datang inspirasinya. Barangkali juga akan ada tulisan dalam Bahasa Inggris (he.. he.. he… kalau masih bisa).

Tulisan-tulisan itu kelak, meskipun tidak akan bersifat spesifik dan detil serta mendalam, saya harapkan memberi manfaat bagi para pembaca. Dengan segala kerendahan hati saya tentu mengharapkan masukan, koreksi, masukan, atau sisi pandang lain dari para pembaca sehingga terjadi diskusi yang sehat dan positif.

Selamat menikmati dan terima kasih.