Tempua

220px-BayaOnDisplay

Tempua adalah sejenis burung yang popular di Rantau Melayu; di Jawa disebut sebagai Manyar.  Burung yang makan biji-bijian ini dikenal sangat piawai dalam membuat sarang dengan menjalin rerumputan menjadi semacam kantong cantik yang biasanya digantungkannya di pohon yang tinggi.  Namun orang Melayu mengenal pepatah: Kalau tak ada berada, tak kan tempua bersarang rendah.

Apa gerangan maksud pepatah itu? Apa ada sarang tempua yang tergantung rendah?

Di kampung-kampung yang masih ada burung tempua, kadang-kadang memang ditemukan sarangnya yang tergantung rendah.  Sarang dengan jalinan indah itu tentu menarik perhatian orang atau mudah untuk jadi sasaran pemangsa burung atau telurnya.  Tapi uupss… jangan buru-buru meraih sarang itu karena sesuai pepatah itu, tentu ada sebabnya tempua membuat sarang rendah.

Sarang dari jalinan rumput berbentuk kantong yang cantik itu bila tergantung rendah, biasanya malah bukan dipakai oleh tempua tapi sering dimasuki oleh ular kecil atau jadi sarang penyengat.  Bisa jadi ini cara alamiah tempua untuk mempertahankan diri dari musuh-musuhnya, termasuk manusia yang suka mengganggu sarang mereka.  Karena itu sudah dimafhumi di kampung-kampung negeri Melayu, orang tidak mau menganggu sarang tempua meskipun tergantung rendah.

Tentu dari sini muncul kearifan lokal berupa pepatah “Kalau tak ada berada, tak kan tempua bersarang rendah”.  Meskipun sesuatu itu terlihat menarik dan bisa dijangkau, belum tentu baik dan manfaat bagi kita karena bisa jadi ada sesuatu di baliknya atau ada maksud lain.  Segala sesuatu tentu ada latar belakang dan tujuannya sehingga jangan cepat-cepat terpesona dengan kata-kata manis di bibir, seperti yang keluar dari penjual obat atau panggung kampanye.  Ketika melihat sesuatu yang sudah dipoles indah atau mendengar ucapan serta janji yang zaman ini banyak berhamburan, hendaknya kita simak dengan jeli dan arif. Menangkanlah kebenaran sejati.  Wallahu’alam.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *